Ciri-Ciri Jenis Bentuk Pemerintahan Indonesia

Bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah republik konstitusional, di mana dilengkapi dengan sistem pemerintahan demokrasi dan presidensial. Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk sebuah republik, berdasarkan UUDH 1945 Pasal 1 Ayat 1. Dengan ini disimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya ialah republik. Bentuk pemerintahan republik ini sendiri terbagi menjadi 3 macam, adapun srepublik absolut, konstitusional, dan juga parlementer.

Bentuk pemerintahan Indonesia telah disesuaikan berdasarkan pola kehidupan di negara, serta menyalurkan aspirasi rakyat dalam memilih sebuah pemimpin. Kali ini kmai akan membagikan beberapa ciri-ciri bentuk pemerintahan yang ada di Indonesia, adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Bentuk Pemerintahan Indonesia

1. Presiden Pemegang Kekuasaan

Ciri yang pertama ini tetntunya kekuasaan negara dipegang oleh Presiden yang bertugas dan bertindak sebagai kepala negara, sekaligus kepala sebuah pemerintahan dalam negara. Meski kekuasaan ini terkesan leluas, tetapi masih dalam batas konstitusi, sehingga ada pengawasan yang efektif dari lembaga parlemen. Setiap menteri memiliki kewajiban yang secara langsung pada presiden atas program kerjanya.

2. Kekuasaan yang Tidak Dapat Diwariskan

Selanjutnya adalah di mana negara ini memiliki pemimpin yang berasal dari raja dan oleh raja untuk rakyat. Oleh sebab tiu, bentuk pemerintahan yang menganut republik konstitusional membiarkat rakyat yang memilih.

3. Pembagian Kekuasaan Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif

Bentuk pemerintahan Indonesia memiliki pembagian tugas kekuasaan, yaitu legislatif, eksekutif, dan juga yudikatif. Pembagian tugas ini dijalankan lembaga negara dengan sistem pemerintaha presidensial yang secara murni menggunakan doktrin Tria Politica yaitu Legislatif, lembaga yang berkuasa membuat serta merumuskan undang-undang. Hal ini dilakukan oleh DPR, MPR, dan DPD. Eksekutif merupakan lembaga yang berperan menjalankan sebuah undang-undang yang biasa dijalankan oleh presiden dalam menjalankan sebuah tugas negara. Dan Yudikatif adalah sebuah lembaga yang memiliki hak mengadili pelanggaran udnang-undang serta mengawasi dan memantau proses berjalannya UUD.

4. Sistem Pemerintahan Presidensial

Berikutnya adalah sistem pemerintahan Indonesia yang berupa presidensial, maksudnya ialah menjalankan sistem pemerintahan presidensial secara nyata sejak amandemen UUD 1945 ketiga dan juga keempat.

5. Negara Hukum

Ciri dan bentuk pemerintahan yang ada di negara Indonesia ini tentu dikenal sebagai negara hukum, yang di mana adanya landasan dan dasar hukum yang kuat dalam menegakkan keadilan. Dalam negara penganut republik konstitusional ini memiliki hukum HAM, keadilan hukum, asas legalitasm serta supremasi hukum.

6. Otonomi Daerah

Ciri selanjutnya adalah bentuk otonomi daerah atau desentralisasi yang menyarankan sebagian urusan pemerintahan pusat pada masing-masing daeragnya. Di mana segala kewenangan dan tanggung jawab dipegang oleh pemerintahan daerah. Kelebihan desentralisasi ini sendiri mampu membantu pekerjaan pemerintah pusat, meningkatkan efisiensi di berbagai sektor, baik dalam pemerintahan pusat maupun daerah, tidak perlu menunggu instruksi dari pemerintahan pusat, yang bila mana terdapat sesuatu yang mendesak, meminimalisir resiko kerugian, mengurangi adanya birokrasi dalam arti buruk, sebab adanya keputusan yang dapat segera dimusyawarahkan.

7. Bentuk Pemerintah di Bawah juga Republik

Dan yang terakhir adalah di mana setiap selesainya masa jabatan presiden, gubernur, maupun deretan lain yang telah habis, maka dialkukannya pemilihan sesuai dengan konstitusi yang telah berlaku. Negara Indonesia melakukan pemilihan melalui pemilu atau pemilihan umum yang diadakan KPU. Hal ini dibatasi oleh konstitusi UUD 1945 sebagai landasan utaman.

Nah itu dia beberapa ciri dan jenis bentuk pemerintahan yang ada di Indonesia yang wajib kalian ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *