Uncategorized

Kasus Korupsi Terbesar di Pemerintahan Indonesia

Summary

Korupsi memang menjadi sebuah tradisi atau budaya di pemerintahan Indonesia. Bobroknya sistem Indonesia membuat tikus-tikus yang duduk di kursi jabatan pemerintahan bisa dengan mudah mendapatkan uang. Karena buruknya sistem pemerintahan maka ada beberapa kasus korupsi yang mengakibatkan negara Indonesia harus […]

Kasus Korupsi Terbesar di Pemerintahan Indonesia

Korupsi memang menjadi sebuah tradisi atau budaya di pemerintahan Indonesia. Bobroknya sistem Indonesia membuat tikus-tikus yang duduk di kursi jabatan pemerintahan bisa dengan mudah mendapatkan uang. Karena buruknya sistem pemerintahan maka ada beberapa kasus korupsi yang mengakibatkan negara Indonesia harus menelan kerugian yang cukup besar.

Kasus Korupsi Terbesar di Pemerintahan Indonesia

Kasus Korupsi Terbesar di Pemerintahan Indonesia

Dari dulu hingga sekarang Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki angka korupsi yang sangat tinggi. Nah, ada beberapa kasus korupsi yang menelan kerugian yang mencapai triliunan rupiah diantaranya adalah sebagai berikut :

Kotawaringin Timur

Kasus Korupsi Kotawaringin Timur Supian Hadi merupakan tersangka atas kasus korupsi yang merugikan negara hingga mencapai Rp 5.8 triiun rupiah. Supian Hadi menerbitkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk 3 perusahaan pada periode 2010-2015. Ini adalah kasus korupsi terbesar di Indonesia yang pernah ditangani oleh KPK.

Kasus BLBI

Kasus BLBI merupakan salah satu kasus korupsi terbesar di tanah air. Kasus BLBI ini juga membelit sejumlah petinggi di Indonesia yang tidak kunjung menemui titik terang. BLBI adalah sebuah program pinjaman untuk dikeluarkan Bank Indonesia untuk para bank lokal di Indonesia yang mengalami wanprestasi pada krisismoneter di tahun 1998. Menurut KPK negara telah dirugikan hingga mencapai Rp 3.7 triliun.

Kasus E-KTP

Kasus Pengadaan E KTP. Kasus ini melibatkan ketua umum partai Golkar Setya Novanto. Diperkirakan total kerugian negara mencapai 2.3 triliun akibat dari kasus tersebut. Pengadaan E-KTP juga menyeret sejumlah nama dengan 280 saksi yang sudah diperiksa oleh KPK. Sampai saat ini terdapat 8 orang yang sudah di tetapkan sebagai tersangka.

Proyek Hambalang

Proyek Hambalang yang awalnya akan dibangun menjadi pusat pendidikan, pelatihan dan sarana olahraga nasional menjadi sebuah kasus korupsi yang merugikan pemerintahan negara Indonesia yang mencapai 706 Milyar. Pembangunan in sudah dilakukan sejak menteri pemuda dan olahraga Andi Malarangeng menjabat dan menghabiskan dana anggaran hingga 1.2 triliun. Namun, Proyek yang tidak kunjung berakhir dan memakan waktu sampai 3 tahun terendus oleh tim KPK.

Soeharto

32 tahun Soeharto berkuasa di Indonesia memang memberikan banyak pendapatan dan proyek besar untuk keluarga cendana. Menurut rumor yang beredar Soeharto melakukan korupsi terbesar dalam sejarah dunia yaitu mencapai Rp 490 triliun.

Itulah sejumlah kasus korupsi yang pernah ada di Indonesia. Semoga saja dengan informasi yang sudah kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *